syukur

Syukur

Segala puji bagi Allah, shalawat dan salam tercurah kepada Nabi Muhammad, keluarga, para sahabatnya serta umatnya yang konsisten mengikuti petunjuknya sampai akhir zaman.

Akhi, tahukah kita bahwa setiap nafas yang kita hembuskan, setiap pandangan mata yang kita kerdipkan, setiap tangan dan kaki kita gerakkan serta semua anggota tubuh kita lainnya penuh dengan limpahan nikmat Allah. Kita baru merasakan betapa banyaknya nikmat Allah tersebut setelah nikmat itu hilang  dari diri kita.

Bersyukur itu setengah agama. Al-Qur’an penuh dengan perintah untuk bersyukur. Tidaklah satu ayat yang ditutup dengan lafadz {لعلكم تشكرون} melainkan ayat tersebut mengandung perintah untuk bersyukur.

 

Pengertian Syukur

Apa itu Pengertian syukur? Ibnul Qayyim berkata, “Syukur itu terlihatnya bekas nikmat Allah pada lisan seorang hamba yang berupa pujian dan pengakuan, pada hati yang  berupa persaksian dan kecintaan, pada anggota badan yang berupa patuh dan taat” (Madarijus Salikin, 2/244).

Pengertian syukur di atas menunjukkan bahwa syukur itu memiliki 3 rukun dengan penjelasan berikut.

 

Rukun Syukur

  1. Mengakui nikmat dalam hati.

Sahabat Ibnu Abbas radhiyallahu anhuma berkata, “pernah turun hujan di masa baginda Nabi shallallahu alaihi wasallam, lalu beliau bersabda, “Sebagian manusia ada yang bersyukur dan sebagian lain kufur. Sebagian mengucapkan hujan ini adalah rahmat dari Allah, sebagian lainnya mengucapkan  benarlah jenis bintang ini dan itu. (H.R.Muslim)

  1. Menceritakan nikmat tersebut serta memuji kepada sang pemberi nikmat.

وَأَمَّا بِنِعْمَةِ رَبِّكَ فَحَدِّثْ

“Dan terhadap nikmat Tuhanmu, maka hendaklah kamu siarkan.” (QS.ad-Dhuha:11)

  1. Menggunakan nikmat tersebut untuk ketaatan kepada-Nya.

اِعْمَلُوا آلَ دَاوُدَ شُكْرًا

“Bekerjalah Hai keluarga Daud untuk bersyukur (kepada Allah). (Q.S.Saba’:13)

Makna ayat ini yaitu Wahai keluarga Daud bekerjalah sebagai bentuk syukur kepada Allah atas karunia yang diberikan kepadamu, yaitu dengan cara taat kepadaNya dan menjalankan perintahNya.

Abu Abdirrahman al-Hubuly berkata, “Shalat itu bentuk bersyukur, puasa itu bentuk bersyukur, dan setiap kebaikan yang engkau lakukan karena Allah adalah bentuk bersyukur. Dan bentuk syukur yang paling utama adalah pujian” (Diriwayatkan oleh Ibnu Jarir).

 

Buah bersyukur

Setelah kita bersyukur, lalu apa buah yang kita peroleh? Berikut saya sebutkan 5 buah yang Allah berikan jika hamba-Nya bersyukur.

  1. Sifat orang mukmin.

Dari Shuhaib radhiyallahu anhu berkata, Rasulullah bersabda, “Urusan orang mukmin itu menakjubkan, semua urusannya itu baik, dan itu tidak ada kecuali pada orang mukmin saja.Jika dia memperoleh kesenangan dia bersyukur, itu baik baginya. Dan jika ditimpa kesulitan dia bersabar, itu juga baik baginya.” (H.R.Muslim)

  1. Sebab ridha Allah kepada hamba-Nya.

وَإِنْ تَشْكُرُوا يَرْضَهُ لَكُمْ

“Dan jika kamu bersyukur, niscaya Dia meridhai bagimu kesyukuranmu itu (Q.S.Az-Zumar:7)

  1. Aman dari azab.

مَا يَفْعَلُ اللهُ بِعَذَابِكُمْ إِنْ شَكَرْتُمْ وَآمَنْتُمْ

Allah tidak akan menyiksamu, jika kamu bersyukur dan beriman (Q.S.an-Nisa:147)

Qatadah mengatakan, “Sesungguhnya Allah itu tidak akan menyiksa orang yang bersyukur dan orang yang beriman.” ( Tafsir ath-Thabari, 9/342)

  1. Sebab bertambahnya nikmat.

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيْدَنَّكُمْ

Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu. (Q.S.Ibrahim:7)

 

Sebagian ulama salaf mengatakan, “kenikmatan adalah hewan liar, maka ikatlah dengan cara bersyukur.

Hasan al-Bashri berkata, “Sesungguhnya Allah itu memberikan nikmat sesuai kehendak-Nya. Apabila seseorang tidak mensyukuri maka Dia akan menggantinya dengan adzab. Karena itulah mereka menamakannya dengan al-hafiz (penjaga), karena syukur itu dapat menjaga nikmat yang telah ada, al-Jalib (Penarik) karena ia dapat menarik nikmat yang hilang.”

  1. Pahala yang melimpah di akhirat.

وَسَيَجْزِي اللهُ الشَّاكِرِيْنَ

“Dan Allah akan memberi Balasan kepada orang-orang yang bersyukur.” (Q.S.Ali Imran:144)

 

Kiat-kiat bersyukur

Akhi, berikut ini beberapa kiat yang dapat kita lakukan agar kita dapat bersyukur.

  1. Mengamalkan rukun-rukun syukur yang telah disebutkan di atas.
  2. Berterima kasih kepada orang yang telah berbuat baik kepadamu. Rasulullah bersabda,

لَا يَشْكُرُ اللهَ مَنْ لَا يَشْكُرُ النَّاسَ

Tidak bersyukur kepada Allah orang yang tidak berterima kasih kepada manusia.” (H.R.Tirmidzi)

 

Dari Ibnu Umar, Rasulullah bersabda,“Barang siapa yang berbuat baik kepadamu maka balaslah kebaikan tersebut, maka jika engkau tidak mampu membalasnya maka doakanlah dia sampai engkau merasa engkau  benar-benar membalasnya.”(H.R.Abu Daud)

  1. Merenungkan nikmat-nikmat Allah yang diberikan kepadamu

وَاللَّهُ أَخْرَجَكُمْ مِنْ بُطُونِ أُمَّهَاتِكُمْ لا تَعْلَمُونَ شَيْئًا وَجَعَلَ لَكُمُ السَّمْعَ وَالأبْصَارَ وَالأفْئِدَةَ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

“Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatu pun, dan Dia memberimu pendengaran, penglihatan dan hati nurani, agar kamu bersyukur.” (Q.S.an-Nahl:78)

 

Syukur dan Sabar

Bersyukur dan bersabar  dua-duanya diperintahkan, tapi manakah yang lebih baik bersyukur karena sehat ataukah bersabar karena tertimpa musibah? Perhatikan ucapan Mutharif berikut ini, ia berkata, sungguh saya dalam keadaan sehat lalu bersyukur lebih aku sukai dari pada saya ditimpa musibah lalu saya bersabar (Mukhtasar Minhajul Qasidin).

Mudah-mudahan dengan mengetahui pengertian, rukun, buah, dan kiat-kiat memperoleh syukur, kita dapat mengaplikasikan syukur dalam kehidupan sehari-hari, tentu dengan taufiq dari Allah azza wajalla.

Penulis : Ust. Kholidun, Lc.

Referensi:

Mukhtasar Minhajul Qasidin, Ibnu Qudamah al-Maqdisi

www.saaid.net//Doat/mehran/51.htm (diunduh tanggal 16 November 2016)

 

Artikel : www.ibnutaimiyah.com

Ikuti update artikel di Fans Page Info Terkini Pesantren Yatim Ibnu Taimiyah
Twitter PYIT_BOGOR, instagram ibnu_taimiyah_bogor,

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *