sejuta

SEJUTA

Pernah dengar kata ‘SEJUTA’ kan teman-teman? Sejuta itu seribunya ada seribu lho…banyak kan? Kalau dibelikan bakso di Zeen Food dapat berapa mangkok ya? Tapi Sobat, tulisan saya berikut berjudul SEJUTA ini bukan SEJUTA rupiah, SE itu = Senyum, JU itu= jujur, TA itu= Takwa.

Mari kita bahas SATU per SATU!!!

SENYUM…     

Senyum adalah salah suatu gerakan yang menggerakan lebih dari 12 otot wajah. Senyum menjadikan manusia bisa berinteraksi dengan baik satu sama lain.  Rasulullah bersabda yang artinya, “Senyummu pada wajah saudaramu adalah sedekah”. Dengan senyuman juga, seorang bisa bahagia dan bersukaria terhadap sesama muslim. Senyum termasuk ahlak terpuji di hadapan Allah. Senyum termasuk dalam kategori perkataan seorang motivator “INGAT 3S”. Senyuman yang membuahkan pahala adalah senyuman yang membuat hati seseorang bersenyum balik pada yang tersenyum dan dilakukan dengan keikhlasan mengharap pahala Sang Pencipta.

JUJUR…

Jujur adalah penghapus kebohongan. Jujur menjadikan manusia terhindar dari azab Allah                   –Subhanahu wataala. Jujur bisa menjadi pedoman hidup seseorang. Saat kita melakukan kesalahan, seorang muslim dituntut berkata jujur. Jujur bisa menjauhkan seorang muslim dari azab Allah azza wajalla. Jujur juga  membuat orang percaya diri alias PeDe dan jujur termasuk bukti beriman kepada hari akhir. Jujur termasuk perkataan yang baik. Oleh karena itu usahakanlah kita selalu jujur meski harus merasakan perihnya hukuman di dunia. Di akhirat, ganjaran yang lebih baik dan abadi berupa surga akan menjadi milik kita. Semoga.

TAKWA…

Bertakwa adalah salah satu cara mendekatkan diri pada Allah  taala. Taqwa juga cara jitu menghindari maksiat. Contoh sikap atau perbuatan bertaqwa di antaranya salat, berzikir, berdoa, dan lain-lain. ‘Sesunguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling takwa di antara kamu” (Q.S. Al Hujurat: 13)

Nah, Sobat, mulai hari ini mari kita SEnyum agar amarah kalah, mari kita JUjur agar kebohongan luntur, dan mari tingkatkan rasa TAkwa agar maksiat tak berdaya. Salam SEJUTA!

 

Penulis : Abdurrahman Kelas VIII MTs

 

Artikel : www.ibnutaimiyah.com

Ikuti update artikel di Fans Page Info Terkini Pesantren Yatim Ibnu Taimiyah
Twitter PYIT_BOGOR, instagram ibnu_taimiyah_bogor,

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *