Renovasi Aula Pesantren Yatim Ibnu Taimiyah Sudah Dimulai

Pekerjaan awal renovasiRabu, (10/10/2012) pagi, suasana di sekitar aula Pesantren Yatim Ibnu Taimiyah menjadi gaduh dan hiruk-pikuk oleh beberapa pekerja yang memasang palang di jalan yang akan melintasi bangunan aula.  Beberapa pekerja lainnya naik ke atap dan segera menurunkan genting bangunan yang berdiri kokoh sejak 17 tahun silam tersebut.

Ternyata pada hari tersebut, secara resmi, proyek renovasi atap dan dinding aula di pesantren yang tidak jauh dari kaki Gunung Salak Bogor ini dimulai.  Sejatinya konstruksi bangunan aula masih kokoh dan layak dipergunakan, hanya saja bagian langit-langit dan atapnya sudah memerlukan rehabilitasi agar aula tetap bisa digunakan.

Pimpinan Pesantren, Ust. Haryanto Abdul Hadi, Lc., M.A. menjelaskan, renovasi aula yang dijadwakan selama 60 hari kerja ini merupakan langkah awal dari proyek terpadu revitalisasi bangunan aula menjadi ruang multiguna untuk berbagai aktivitas pesantren yang mengusung moto ‘Bersama Al Qur’an Kita Maju’ ini.

“Kami merencanakan aula menjadi ruang multiguna  seperti ruang halaqah (kelompok) tahsin dan tahfiz al Qur’an, rapat, pertemuan, seminar, pentas kreasi santri, resepsi pernikahan, serta gelanggang olahraga sivitas akademika pesantren yang representatif,” ungkap mudir yang sering disapa Abu Fuad ini.

Beberapa perubahan spesifikasi bangunan aula dalam renovasi ini adalah; kusen, jendela, dan pintu menggunakan alumunium dengan model geser (sleding), konstruksi atap menggunakan teknologi J-Steel, tinggi bangunan menjadi 9 meter, ruangan dirancang tanpa plafon (over stek), tiang bangunan dihilangkan, dan luas ruangan menjadi 35 X 18 meter persegi.

 “Dengan model over stek (bangunan nirplafon), tiang bangunan dihilangkan, pintu, kusen, dan jendela dari alumunium dengan model sleding, dan ada penambahan luas bangunan, kita rancang ruang multiguna baru pesantren dapat digunakan untuk berbagai aktivitas secara representatif,” tandas Ahmad Komarudin, Pimpro renovasi aula dengan semangat.

Untuk menyulap bangunan aula yang didirikan sejak 1995 ini menjadi ruang multiguna memerlukan dana cukup besar, yaitu Rp560.000.000,00 (lima ratus enam puluh juta rupiah).  Mengingat keterbatasan dana, pesantren membuka kesempatan kepada masyarakat luas untuk menjadi donatur proyek terpadu revitaliasi aula menjadi ruang multiguna Pesantren Yatim Ibnu Taimiyah ini.

Para dermawan (muhsinin) yang berminat menjadi donatur dapat menyalurkan donasinya ke Norek 0247794671 BNI Syariah Cabang Bogor, a.n. Pesantren Yatim Ibnu Taimiyah.  Konfirmasi ke Ust. Abdus Shomad, M.M. pada nomor 08121037030, 082111483093, 085691087454.

2 Comments

  • rohmad mengatakan:

    Assalaamu alaikum
    Alhamdulillah Pembangunan Pesantren terus Berjalan,
    Mohon juga di perhatikan Fasilitas air untuk para
    santri, terutama untuk santri yang tinggal di lantai 2 Banin, airnya rata-rata mati, kalau memang susah airnya untuk naik mungkin bisa dibuatkan kamar-mandi di bawah yang banyak yang tertutup rapi, sementara ini anak-anak mandi di MA, yang katanya tidak di kamar-kamar sehingga mandinya harus pakai basah-basahan, suka di intipin sama teman-teman lainnya.
    Mohon maaf kalau ada kata-kata yang kurang berkenan, mudah-mudahan mendapatkan perhatian dari pengelola.

    • admin mengatakan:

      ‘alaikumussalam, syukran atas masukannya, insyaallah kami akan terus melakukan pembenahan termasuk masalah air, jazakumullahu khoiran.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *