STATISTIK
 
Hari ini 957
Kemarin 918
Bulan ini 24.843
Total 2.009.973
Slidorion, A jQuery Plugin

BERITA UTAMA

PERPUSDA JABAR

Ucapan Terima Kasih Perpustakaan Daerah Jabar Kepada Pustaka Ibnu Taimiyah Bogor

Rabu, 09 Januari 2019 pengelola Penerbit Pustaka Ibnu Taimiyah Bogor mendapatkan ucapkan terima kasih dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Jawa Barat atas partisipasi aktif dan kerja sama yang baik dengan Perpustakaan Daerah Jabar dengan mengirimkan buku Titik Koma yang diterbitkan oleh Pustaka Ibnu Taimiyah.

Pengiriman buku Titik Koma kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Jawa Barat ini merupakan amanat dari UU No. 4 Tahun 1990 tentang Serah Simpan Karya Cetak dan Karya Rekam. Selain kepada Dinas Perpustakaan Daerah Jabar, pengurus Pustaka Ibnu Taimiyah mengirimkan pula buku Titik Koma kepada Perpustakaan Nasional Republik Indonesia di Jalan Salemba Raya No. 28A.

Semoga ucapan terima kasih yang diterima melalui surat elektronik Penerbit Pustaka Ibnu Taimiyah ini dapat meningkatkan semangat para pengelola Pustaka Ibnu Taimiyah mengembangkan lembaga penerbitan ini menjadi penerbit yang bermanfaat bagi umat di dunia bahkan di akhirat.

BUKU TITIK KOMA

Titik Koma, Terbitan Perdana Pustaka Ibnu Taimiyah

Ahad, 06 Januari 2019 menjadi hari yang istimewa bagi Pustaka Ibnu Taimiyah Bogor, lembaga penerbitan dan pemasaran buku yang berada di bawah naungan Pesantren Yatim Ibnu Taimiyah. Dengan taufik Allah azza wajalla, pada hari tersebut terbit buku Titik Koma, terbitan perdana Pustaka Ibnu Taimiyah Bogor.

Titik Koma merupakan kumpulan kisah nyata bertema kehidupan yang sebagian besar dialami dan ditulis oleh para santriwati di Pesantren Ibnu Taimiyah Bogor. Naskah kisah nyata buku Titik Koma dikumpulkan tim OSIS Ibnu Taimiyah Putri melalui ajang writing contest yang diselenggarakan rutin setahun sekali.

DAUROH UNTUK KARYAWAN

Dauroh syariyyah adalah salah satu agenda wajib yang harus diikuti oleh setiap karyawan Pesantren Ibnu Taimiyah, baik untuk ikhwan (laki-laki/bapak-bapak) juga untuk akhowatnya (Perempuan/ibu-ibu). Dauroh ini diselenggarakan setiap jumat pekan kedua, mulai dari pukul 08.00 - 10.00 WIB. Bertempat di Masjid Jami Ibnu Taimiyah atau di Aula Auditorium Syaikh Yusuf Jamal Al Haddad. Dengan tema dan pemateri yang berbeda-beda disetiap bulannya.

Untuk di bulan Januari 2019 ini, bertempat di Masjid Jami Ibnu Taimiyah dengan pemateri Al Ustadz Muhammad Kholid Abdurrahman, dengan tema Tauhid Rububiyah. Acara yang berlangsung sekitar 2 jam ini, berjalan dengan baik dan penuh khidmah juga antusias para karyawan/karyawati. Terbukti dengan semangat dan keseriusannya sejak dauroh dimulai, tanya jawab hingga mengerjakan soal-soal ujian yang diberikan oleh pemateri.

Tujuan dari Dauroh Syariyyah ini adalah untuk menambah dan meningkatkan keimanan, keilmuan, amal sholeh juga semangat dan kinerja para karyawan/karyawati dalam menjalankan tugas atau tanggung jawabnya sehari-hari. Sebagaimana tujuan diciptakannya manusia adalah untuk beribadah kepada Allah Azza wa Jalla, begitu juga dengan kegiatan dauroh ini agar setiap aktifitas yang dilakukan oleh para karyawan/karyawati dapat bernilai pahala yang besar ganjarannya dari Allah Azza wa Jalla.

SOSIALISASI PERATURAN

Bertempat di Masjid Jami Ibnu Taimiyah, hari ini, Ahad (06/01/2019) pukul 09.30 s.d. pukul 11.30 WIB, Ust. Haryanto Abdul Hadi, Mudir Pondok Pesantren Ibnu Taimiyah Bogor memberikan sosialisasi Peraturan Akademik Pesantren kepada orang tua/wali calon santri baru.

Materi sosialisasi yang disampaikan di antaranya visi dan misi pesantren, tujuan pendidikan, metodologi pengajaran, struktur kurikulum, ekstrakulikuler, sarana dan prasarana asrama, program khidmah, program diploma, dan sertifikasi akreditasi Universitas Islam Madinah (UIM).

Acara ditutup dengan sesi tanya jawab. Karena keterbatasan waktu, sesi tanya jawab hanya cukup bagi dua penanya. Hal ini tidak mengurangi antusiasme orang tua/wali calon santri yang hadir.

PESERTA TES PSB YATIM

Tes Penerimaan Santri Baru Pesantren Yatim Ibnu Taimiyah TP 2019/2020 yang diikuti 574 peserta tervalidasi, 80 peserta merupakan pendaftar PSB dengan status yatim. Dari 80 peserta tersebut pendaftar yatim laki-laki berjumlah 44 sedangkan yatim perempuan berjumlah 36 orang.

Syarat pokok pendaftar PSB dengan status yatim adalah terkait dengan usia dan berkas Surat Keterangan Kematian Ayah. Usia pendaftar yatim saat mendaftar tidak boleh lebih dari 12 tahun. Adapun berkas Surat Keterangan Kematian Ayah harus diketahui pihak berwenang minimal kepala desa.

Salah satu fasilitas yang akan diterima pendaftar yatim adalah beasiswa pendidikan sampai tingkat madrasah aliyah. Bahkan peserta tes yatim yang lulus akan mendapatkan uang saku bulanan selain fasilitas beasiswa pendidikan.

Tahun ini pendaftar yatim meningkat, mencapai delapan puluh orang dari tahun sebelumnya sekitar 30 s.d. 40 pendafftar, alhamdulillah, ujar Kasi Yatim Pesantren Ibnu Taimiyah, Ust. Habibi Sahlan Amin. (tim_web_it)

TES MATERI UMUM PSB

Bertempat di sembilan ruang kelas dan Aula Syaikh Jamal Yusuf Al Haddad, hari ini, Ahad (06/01/2019) diselenggarakan tes materi umum Penerimaan Santri Baru Pesantren Ibnu Taimiyah. Materi tes umum untuk tingkat MTs terdiri dari dua mata pelajaran yakni bahasa Indonesia dan matematika. Adapun materi tes tingkat MA terdiri dari mata pelajaran bahasa Arab dan matematika.

Tes materi umum ini bertujuan mendeteksi dari awal kemampuan para peserta didik yang akan masuk ke tingkat MA sehingga kami bisa menganalisis dan membuat program penanganannya, ujar Kepala MA Ibnu Taimiyah, Ust. Syafiq Abrori.

Selain tes materi umum, rangkaian tes yang harus diikuti peserta tes PSB adalah psikotes, bahasa Arab, dan menghafal Al Quran. (tim_web_it)

PSIKOTES PSB

Ahad, (06/01/2019) mulai pukul 09.15 s.d. 12.00 WIB diselenggarakan psikotes Penerimaan Santri Baru Pesantren Ibnu Taimiyah Bogor. Tes dilaksanakan di Aula Syaikh Jamal Yusuf Al Haddad dan Sembilan ruang kelas MTs Ibnu Taimyah untuk peserta putra. Sedangkan psikotes peserta putri dilaksanakan di sepuluh ruang kelas dan masjid kompleks pesantren Banat.

Dalam pelaksanaan psikotes PSB, pesantren yang terletak di kaki Gunung Salak ini menggandeng tim psikolog dari AMG Clinic Bogor. Data Panitia PSB menunjukkan peserta psikotes mencapai 720 orang. Tahun ini pendaftar PSB di pesantren kami meningkat sehingga AMG Clinic menurunkan 46 tester untuk mengetes para pendaftar, jelas Mudir Pesantren IbnU Taimiyah, Ust. Haryanto Abdul Hadi. (tim_web_it)

PESERTA TES PSB

Sabtu, (05/01/2019) malam para peserta tes PSB Pesantren Ibnu Taimiyah Bogor yang berasal dari luar Jabodetabek sudah mulai berdatangan. Mengantisipasi hal ini, panitia PSB sudah menyiapkan tujuh lokal penginapan, ungkap Ust. Deno Sofyan, Koordinator Sarpras PPSB.

Pantauan di lokasi penginapan ikhwan menunjukkan tidak kurang dari dua puluh orang menginap. Sedangkan di tempat penginapan akhwat terdata sekitar tiga puluh orang menginap. Jumlah ini diperkirakan akan terus bertambah sampai nanti pagi.

Berdasarkan informasi dari Ketua PPSB, Ust. Dedis Rahadian, total pendaftar PSB yang tervalidasi berjumlah 574 orang. Pendaftar putra 270 orang dan pendaftar putri 304. Adapun berdasarkan status yatim dan nonyatim, nonyatim terdapat 494 pendaftar dan yatim 80 pendaftar. (tim_web_it)

PENUTUPAN PENDAFTARAN

Pesantren Ibnu Taimiyah News - Bogor 2 Januari 2019. Diumumkan kepada seluruh calon santri dan wali santri Pesantren Ibnu Taimiyah bahwa Pendaftaran Santri Baru baik online maupun offline akan ditutup pada 3 januari 2019 pukul 00:00

Pembayaran setelah tanggal tersebut tidak akan dilayani sebagaimana mestinya, dan dapat diambil di bagian keuangan Pesantren Ibnu Taimiyah dengan menunjukkan bukti transfer

AL QURAN UNTUK YATIM

Pesantren Ibnu Taimiyah News -Bogor 1 Januari 2019 Bertempat di Masjid Jami Ibnu Taimiyah Bogor telah diserahkan tiga puluh delapan mushaf Al Quran kepada tiga puluh delapan santri yatim putra Pesantren Ibnu Taimiyah. Mushaf yang dihadiahkan kepada tiga puluh delapan santri yatim berprestasi tingkat MTs dan MA tersebut berasal dari seorang muhsinin di Jakarta.

Pembagian mushaf Al Quran dilaksanakan langsung setelah salat asar berjamaah selesai. Mushaf Al Quran dengan ukuran 20x14.5 cm tersebut diberikan oleh perwakilan muhsinin di Pesantren Yatim Ibnu Taimiyah. Mushaf Al Quran yang dibagikan dilengkapi terjemahan bahasa Indonesia dan petunjuk tajwid.

Perwakilan muhsinin yang membagikan mushaf kepada santri berpesan agar para penerima mushaf mendoakan kebaikan bagi penyumbang. Semoga sumbangan berupa mushaf Al Quran ini bermanfaat bagi para yatim di Pesantren dan menjadi amal jariyah bagi penyumbang. Aamiin.

KAJIAN BAKDA SUBUH

Bertempat di Masjid Jami Ibnu Taimiyah Bogor, pada hari Sabtu 29 Desember 2018, ratusan jamaah salat subuh mengikuti Kajian Bakda Subuh dengan tema Kemudharatan dalam Perayaan Tahun Baru Masehi. Hadir sebagai pembicara Dr. Muhammad Nur Ihsan, Lc., M.A., Dosen STDI Imam Syafii Jember.

Peserta kajian terdiri dari santri MI, MTs, dan MA putra Pesantren Yatim Ibnu Taimiyah (PYIT). Hadir pula para guru dan karyawan serta warga sekitar. Kajian ini diharapkan dapat membekali santri dan jamaah masjid tentang berbagai sisi negatif perayaan tahun baru masehi. Tujuan pelaksanaan kajian ini adalah membentengi para santri agar tidak ikut-ikutan merayakan Tahun Baru Masehi, jelas Ust. Dedi Surahman, Kasi Dakwah-Masjid PYIT.

Poin kemudaharatan merayakan Tahun Baru Masehi yang dijelaskan pembicara di antaranya adalah bentuk tasyabuh bil kuffar, merayakan hari raya kaum di luar Islam, bentuk taklid terhadap kaum kafir, dan tanda relanya seorang muslim terhadap orang kafir. Alhamdulillah kajian berlangsung lancar dan selesai sekitar pukul 06.30 WIB.

PERESMIAN GEDUNG BARU MI

Ibnutaimiyah.com - Ahad (16/12/2018) ratusan orang berkumpul di halaman gedung baru MI Ibnu Taimiyah Bogor. Pagi itu Syaikh Dr. Ahmad Hamud Al Jassar, Wakil Ketua Jamiyyah Ihya At Turats Al Islamy Komite Asia Tenggara didampingi Ust. Ahmad Zawawi bin Nawawi, Ketua Yayasan Lajnah Khairiyah Musytarakah Jakarta meresmikan penggunaan gedung baru MI Ibnu Taimiyah yang berlokasi di Kp. Pasir Tengah, RT 04 RW 03, Desa Sukaharja, Kec. Cijeruk, Kab. Bogor. Sebelumnya gedung MI Ibnu Taimiyah berlokasi di Kompleks Pesantren Yatim Ibnu Taimiyah Putra.

Peresmian gedung baru MI yang bertingkat tiga dengan total lima belas ruang itu ditandai dengan acara gunting pita oleh Syaikh Dr. Ahmad Hamud Al Jassar disaksikan Ust. Ahmad Zawawi bin Nawawi, Ust. Haryanto Abdul Hadi (Mudir Pesantren Yatim Ibnu Taimiyah), Ust. Edi Suwanto (Mudir Mahad Aisyah Binti Abu Bakar), dan para tamu undangan.

Tidak hanya gedung baru MI Ibnu Taimiyah, dalam kesempatan tersebut diresmikan pula penggunaan dua belas unit rumah dinas bagi para pengajar di Pesantren Yatim Ibnu Taimiyah. Peresmian dua belas unit rumah dinas tersebut dilaksanakan langsung setelah rangkaian acara peresmian gedung baru MI Ibnu Taimiyah selesai.

Acara yang menyedot perhatian semua civitas academica Pesantren Yatim Ibnu Taimiyah itu pun tidak tunggal. Selain peresmian gedung baru MI dan rumah dinas pengajar, diadakan pula acara pemotongan sapi untuk para keluarga besar pesantren, pembagian kudapan (snack) bagi semua santri beserta anak guru dan karyawan, dan yang terakhir adalah pembagian lima ratus karung beras masing-masing sepuluh kilogram. Tidak hanya guru dan karyawan tetapi juga bagi warga sekitar Pesantren Yatim Ibnu Taimiyah.

KUNJUNGAN MASYAIKH

Kamis (12/04/2018) Pesantren Yatim Ibnu Taimiyah (PYIT) mendapat kehormatan dikunjungi rombongan masyaikh dari Markaz Fauzul Kuwait yang berpusat di Negara Kuwait, Timur Tengah. Masyaikh yang berkunjung terdiri dari Syaikh Fawaz Misyari Al Kulaib, Syaikh Wail Badr Al Khamis, Syaikhah Junan Abdurrahman Al Kulaib, dan Syaikhah Fauziyah Abdullah Al Badr.

Selama berkunjung ke pesantren yang terletak di kaki Gunung Salak Bogor ini, Syaikh Fawaz dan rombongan didampingi oleh Ketua Yayasan Lajnah Khairiyah Musytarakah Jakarta, Ust. Ahmad Zawawi bin Nawawi dan Mudir Pesantren Abu Hurairah Lombok Ust. Fachrudin. Para tamu yang hadir bakda zuhur tersebut disambut oleh para santri, karyawan, dan asatizah Pesantren Yatim Ibnu Taimiyah mulai dari gerbang Pesantren Yatim Ibnu Taimiyah Putri.

Kegiatan masyaikh di PYIT selama setengah hari tersebut cukup padat. Pertama adalah peresmian Masjid Jami Ibnu Taimiyah, Pembagian hadiah kepada semua santri PYIT putra dan putri, pembagian hadiah uang tunai kepada semua guru dan karyawan PYIT, pembagian 100 paket Sembako kepada masyarakat sekitar, serta pemotongan satu ekor sapi.

 
   
 
 
 
 
     
     
 
 
 
  Copyright © 2019 by Ibnu Taimiyah IT Department, All rights reserved.