Musibah kebakaran di Ma’had Ibnu Taimiyah

Hari Ahad malam tanggal 16 Sya’ban 1432H/ 17 Juli 2011M sekitar jam 18.15 ketika para santri dan penghuni pesantren tengah menunaikan ibadah sholat Maghrib, telah terjadi kebakaran di Pesantren Yatim Ibnu Taimiyah Qism Banat (Pesantren Putri).  Kejadian yang terjadi sangat cepat ini cukup membuat panik santri yang tengah sholat di masjid Banat (putri), pasalnya gedung dua lantai yang terbakar dilantai duanya ini persis terletak di belakang  Mesjid sehingga para santri putri membatalkan sholatnya untuk menyelamatkan diri yang kemudian berhasil diungsikan ke Mesjid Al-Fauzan yang berlokasi di Pesantren putra.    Adapun jama’ah sholat Maghrib di Pesantren Putra yang sedang khusuk melaksanakan sholat Maghrib, baru menyadari adanya kebakaran di pesantren putri setelah selesai sholat, sehingga cukup dramatis memang karena api baru berhasil dijinakkan setelah para santri, asatidzah dan segenap civitas pesantren dibantu oleh penduduk sekitar pesantren bergotong royong melokalisasi api dengan menggunakan ember dan mengambil air dari selokan kering didepan pesantren yang kebetulan setiap habis hujan terisi air, kemudian dibantu pemadaman api oleh satu truck tangki air untuk air minum isi ulang dan 3 armada pemadam kebakaran yang datang terlambat.  Akhir kejadian tidak kurang dari separoh gedung sebelah timur di lantai II  terbakar habis, dan 2 orang saudari kami musyrifah kamar (pengasuh santriwati) meninggal.   Mudah2an pengabdian dibidang dakwah  selama hidup keduanya sehingga menemui ajalnya di tempat tugas mendapatkan tempat yang baik disisi Nya.

Mohon do’a dari ikhwani dan akhwati semua agar kami para pengurus, asatidzah dan para santri santriwati diberi ketabahan, kesabaran dan kemampuan untuk menerima musibah ini dan segera dapat melaksanakan kegiatan belajar mengajar lagi bi idznillah serta bantuan antum.

Dan kami mengucapkan Jazakallahu khoiron atas tanggapan cepat dari ikhwani dan akhwati yang telah mengirimkan bantuannya baik secara langsung telah datang ke pesantren maupun melalui transfer bank sebagaimana  informasi dari kami yang terdapat pada link REKENING  DONASI.

40 Comments

  • hendra mengatakan:

    semoga Allah memberikan kesabaran atas musibah kebakaran ini

  • anung mengatakan:

    innaa lillah wainnaa ilaihi raji’un
    bersabar ya, niscaya Allah akan gantikan dengan yang lebih baik

  • abu fairuz luqman mengatakan:

    saya turut berduka cita ats musibah tersebut..mdh2an Allah mengganti dengan beribu kebaikan…dan untuk para almarhumah semoga diterima disisiNya amiin.

  • Ummu Najm mengatakan:

    innalillaahi wa inna ilahi rooji’uun
    semoga Allah menguatkan kesabaran kepada kalian
    semoga Allah menggantikan dengan yang lebih baik *amin

  • abu arin mengatakan:

    mari kita mohon ampun atas dosa2 kita dan bersabar atas musibah yg menimpa.

  • ismaini mengatakan:

    ya ALLOH…tragis skali…semoga segala amal baikmu diterima disisi ALLOH ‘AZZAWAJALLA wahai saudaraku dan semoga engkau husnul khotimah…Amiin

  • Abu Arwaa mengatakan:

    Assalamu’alaikum
    Inna lillahi wa inna ilaihi roji’un, astaghfirullohal adzim, Ya Alloh musibah ini menggetarkan hati hamba-Mu ini diiringi dengan tetes air mata dan bergemuruhnya hati mendengar saudara-saudaraku tertimpa musibah yang memilukan. Teriring do’a semoga semua amalnya diterima disisi Alloh azza wa jalla, semoga segenap pengurus dan asatizah diberi kesabaran atas musibah ini dan senantiasa istiqomah dalam perjuangan di jalan Alloh. Barokallohu fiikum.
    Wassalamu’alaikum

  • abu musa tri diatmoko mengatakan:

    Bismillah, semoga Alloh ta’ala memberikan kesabaran, ketabahan dan pertolongan kepada seluruh keluarga besar ma’had ibnu taimiyah atas musibah ini. Baarokallohufiikum

  • Abu Faaza mengatakan:

    Kami ikut prihatin mudah2an Alloh menggantikan dgn yg lebih baik ,…

  • nurul fitriah mengatakan:

    innalillahi wainna illaihi rajiiun…turut berduka cita yg sedalam2nya…semoga kedua syuhadah kita mendapat tempat yg terbaik di sisi allah…dan asrama santri digantikan dg yg lebih baik…untuk liburnya sampai kapan ust..karena adik saya termasuk santriwati yg baru…mhn infonya

  • hardjono mengatakan:

    Inna lillahi wainna ilaihi rojiun, kami sebagai sebagai orang tua santri turut berduka atas wafatnya syahidah kita.Semoga Allah memberikan tempat yang layak kepadanya.Amin…
    Kami terharu sekali atas musibah ini, semoga keluarga yang ditinggalkan senantiasa tabah, dan sabar.
    Alhamdulillah, saya memiliki liputan camera video (untuk memori putri kami), saat mengantar putri kami tercinta tgl 17 Juli, dimana santriwati Islam begitu ceria dan berbahagia saat pertama memasuki asrama putri.
    kami berdoa, mohon keridhaan Allah subhana wuata’la agar yang merasa kehilangan Allah memberikan gantinya yang lebih baik. Allah maha kaya…

  • Rahmat mengatakan:

    Semoga santri yang ada di mahad ibnu taimiyah diberi kesabaran dan di ganti dengan yang lebih baik amin

  • Assalamualaikum, ya ustadz dan ustadzah jam berapakah paling lambat santri putri masuk ke asrama pada tanggal 24 Juli 2011 ?
    Mohon penjelasan, karena kami sedang berada di Palembang, dan akan ke kembali ke Jakarta tanggal 22 malam. Dan kalau boleh tahu, digedung yang mana sementara santri putri akan ditempatkan ?
    Terima kasih, semoga Allah senantiasa memberikan jalan dan kemudahan >Amin
    Allahumma amin

  • Abu Yumna mengatakan:

    Innalillahi wa inna ilaihi raaji’un. Ya Allah perbaikilah amalan kami, karena hidup ini ternyata hanya sebentar, kapan kami akan Engkau panggil…kami tidak tahu. Dan bimbinglah kami serta ringankanlah kami dalam turut membantu meringankan beban saudara kami yang sedang tertimpa musibah ini. Semoga para santri & asatidzah Ponpes Ibnu Taimiyah selalu diberi kesabaran Allah dalam menerima musibah ini. Amin.

  • abu naura mengatakan:

    qorarulloh, ma syaa fa’al..
    mudah-mudahan ada hikmah yang besar di balik setiap musibah yang datang menimpa kita.

  • ummu fawwaz mengatakan:

    innalillahi wa inna ilaihi rojiun
    Semoga para musyrifah tsb khusnul khotimah,
    Semoga para santri dan wali santri bersabar dan tetap semangat menimba ilmu
    Semoga Allah berikan hidayah dan cahaya bagi kita semua
    amiin
    wassalam

  • abdul aziz abu za'im mengatakan:

    Assaalamu’alaikum wrw.
    ‘asaakum thoyyibun ashhaabiy alkirom
    ; asatidzah baik ikhwan maupun akhawat, ana turut berduka cita yang begitu mendalam atas musibah dan ujian yang Allah Ta’ala berikan kepada antum, berupa kebakaran yang merenggut 2 saudari kita, semoga seluruh amal ibadah mereka di terima dan diridhai Allah Ta’ala. Amin.Ashhaaby Asatidzah PYIT yang saya cintai karena Allah Ta’ala, bersabarlah antum dan tetaplah semangat dalam mencetak generasi muda mudi islam yang menjujung tinggi al-qur’an dan sunnah sebagaimana pemahaman ahlussunnah wal jama’ah.Kami turut juga merasakan kesedihan yang mendalam, namun itu semua sudah taqdir.Mari kita songsong kembali hari depan dengan penuh semangat.

  • Suba mengatakan:

    Innalillahi wa inna ilaihi raaji’un . . .

  • abu latif mengatakan:

    Innalillahi wa inna ilaihi raaji’un…

  • handoko mengatakan:

    Innalillahi wa inna ilaihi raji’un…. Innalloha ma’ashobirin…. Layukalifallohu nafsyan illa wusy’ah…

  • Abu Zaid mengatakan:

    إنا لله وإنا إليه راجعون
    Para asatidzah dan ustadzat serta para santri dan santriwati kami turut berduka cita yang sedalam-dalamnya atas musibah yang tidak disangka dan diduga oleh siapapun bahkan sampai menelan korban jiwa (semoga amal ibadah mereka diterima disi Yang Maha Kuasa. Amiin Ya Rabbil Alamin). Begitulah jika Allah berkehendak.Semoga dengan musibah ini mengingatkan kita kepada ketidak berdayaan kita terhadap takdir Yang Maha Kuasa,merasa kerdil dan kecil di hadapanNYa. Kita berharap semoga musibah yang membuat mata kita menangis dan hati kita bersedih ini sebagai kaffaarah dzunuub dan ujian kesabaran dan ketabahan kita atas musibah. Semoga dengan bermodalkan kesabaran ini Allah akan ganti dengan yang lebih baik di sisiNya.Amiin.Selamat berjuang wahai ikhwah wa akhowat semua.Kami senantiasa menyertai antum dengan doa.

  • sophyan mengatakan:

    Inna lillahi wa inna ilaihi roji’un,saya turut berduka cita ats musibah tersebut.mudah-mudahn Allah mengganti dengan kebaikan…dan untuk para almarhumah semoga diterima disisiNya amiin.
    Afwan koreksi kata-katanya dengan kalimat: saudari kami musyrifah kamar (pengasuh santriwati) tewas terbakar, apa tidak sebaiknya dengan kata meninggal atau wafat.

  • Ibadurrohman mengatakan:

    ya alloh… berikanlah mereka ketebahan….
    dan smoga mrk juga bisa d terima d sisi-Nya dgn baik….
    AMIN YA OBBAL ALAMIN..

  • Abu Aisyah mengatakan:

    Innalillahi wa inna ilaihi raaji’un…
    Semoga Alloh senantiasa memberikan ketabahan kepada kalian..
    dan digantikan dengan yang lebih baik…

  • nurhan sam'an mengatakan:

    assalamualaikum ust? afwan katsir menyambung info dari ustd Ruslan bahwa beliau meralat yg berkaitan dg masuknya kembali santri banat yg seyogyanya sabtu tgl 23 berubah menjadi senin tgl 25 juli. mhon konfirmnya tentang info trsbut?

  • rafikaamalia mengatakan:

    ya Allah…berikan ketabahan bagi kami ya Allah…

  • ahmad syihab mengatakan:

    innaa lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun, qaddarallaah wamaa syaa`a fa’ala…

  • Ear-One mengatakan:

    Inalillahi wainnailahi roji’un…
    ana turut berduka cita, mudah-mudahan Allah memberikan balasan buat ma’had yang lebih baik lagi….baik dari fasilitas ,kuallitas, dan kuantitas…. alumni ma’had al-imam sukabumi

  • irnis mengatakan:

    afwan,,apa cuma chek-in?apa barang-narangnya dibawa juga?
    ~syukron~

  • wahyudiman mengatakan:

    inalillahi wainnailahi roji,un
    bismillah, ana turut prihatin dan berduka cita atas musibah yg meninpah saudara2 ana.di pondok pesantren yatim ibnu taimiyah.semoga allah menguatkan antum semua.

  • Abu Zakariya mengatakan:

    inalillahi wa inna ilaihi raji’un…
    Semoga Allah memberi balasan yang terbaik

  • rizki anugrah mengatakan:

    innalillahi wainnailayhi rojiiun.
    Bersabarlah. Niscaya allah akan menggatikan’a dgn yg lebih baik

  • kukuh pontianak mengatakan:

    innalillahi wa inna ilaihi rooji’un
    semoga kita semua diberi ketabahan dalam menghadapi musibah ini. semoga allah memberikan gantinya ya lebih baik. amin.
    kami dan ikhwah disini turut berduka cita

  • Ummu Haitsam mengatakan:

    إنا لله وإنا إليه راجعون
    semoga Allah melimpahkan pahala atas musibah yang menimpa qism banat ma’had ibnu taimiyah,serta diberikan ganti yang lebih baik, dan semoga musyrifah yang menjadi korban, tercatat sebagai syahidah di sisi Allah Jalla wa ‘alaa, dan semoga Allah memberi ketabahan terhadap keluarga yang ditinggalkan.
    musibah itu memang pahit, berat dan susah. namun kita harus tetap teguh dalam menaggungnya dan menjaga diri dari hal-hal yang diharamkan. Bangkitlah ma’had ibnu taimiyah..,إن الله مع الصابرين

  • liakurniapratiwiazzahra mengatakan:

    assalamu’alaikum akhii innalillahi wa’innaillahi roziun akhii semoga diberi kemudahan (amien) akhii an’ maw tanya nama korban dr kebakaran itu siapa?

  • ibrahim taurat mengatakan:

    semogah Allah memberikan yg terbaik buat pesantren ibnu taimiyyah dan sya juga berduka cita karna saya adalah anak santri ibnu taimiyyah…..dan but adik2 putri teruslah semanggat menuntut ilmu dan para usdzah dan usdt semanggat untuk mendidik anak2 pesantren ibnu taimiyyah …..salam hormat dari ibrahim taurat….syukron …..

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *