ganti-al-quran

Mendengarkan Berita Sebagai Pengganti Mendengarkan Al-Qur’an

Pertanyaan :

Di saat perjalanan dengan mobil atau duduk di rumah, sudah banyak kami mendengarkan al-Qur’an yang dibaca. Tetapi manusia perlu mendengarkan yang lain seperti berita atau membaca surat kabar, karena tidak cukup waktu untuk mendengar al-Qur’an sebagai dzikir dan melakukan perkara-perkara  ini secara berurutan. Apakah mematikan radio atau yang lainnya untuk mendengarkan berita atau membaca surat kabar dipandang sebagai berpaling dari dzikir kepada Allah subhanahu wata’ala dan pemecahan persoalan seperti ini?

Segala puji hanya bagi Allah, semoga rahmat dan kesejahteraan tercurah atas Rasulullah, keluarga dan sahabatnya. Waba’du :

Jawaban :

Tidak apa-apa mendengarkan berita dan membaca surat kabar sebagai pengganti membuka radio untuk mendengarkan al-Qur’an; karena bagi setiap sesuatu ada waktunya. Hal tersebut tidak termasuk berpaling dari al-Qur’an dan tidak pula meninggalkannya, apabila seorang mukmin memiliki waktu-waktu yang lain untuk membaca al-Qur’an atau mendengarkan al-Qur’an dari radio.

Semoga rahmat Allah  subhanahu wata’ala dan kesejahteraan senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad, keluarga dan para sahabatnya.

Penulis  : Abu Battar

Sumber : (fatawa al-Lajnah ak-Da’imah, pertanyaan ketiga dari fatwa no 7108)

 

Artikel : www.ibnutaimiyah.com

Ikuti update artikel di Fans Page Info Terkini Pesantren Yatim Ibnu Taimiyah
Twitter PYIT_BOGOR, instagram ibnu_taimiyah_bogor,

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *