duit

DUIT

Setiap insan ingin mendapatkan yang namanya kesuksesan. Baik berupa khayalan, keinginan, atau cita-cita. Namun sangat disayangkan, kita susah mencapai impian tersebut. Seyogyanya kita harus mempunyai srategi untuk mencapai keinginan tersebut.

Saya akan memberikan cara untuk mencapai kesuksesan yang Anda sudah impikan. Strategi ini dikenal dengan istilah DUIT. DUIT yang dimaksud di sini bukan alat transaksi berupa uang atau logam.  Maksudnya adalah Doa, Usaha, Ikhtiar, dan Tawakkal.

Doa terbagi menjadi dua, yaitu doa ibadah dan doa permohonan. Contoh doa ibadah adalah salat, puasa, dan bentuk ibadah lainnya. Contoh doa permohonan adalah memohon untuk sukses, terbebas dari utang, dan lain lain.

Allah azza wajalla berfirman,

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

“Dan Tuhanmu berfirman, ‘Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam Keadaan hina dina” (QS Ghafir: 60).

Doa juga tak terlepas dari yang namanya usaha. Usaha ditempuh dengan mengerahkan seluruh usaha yang kita punya untuk mendapatkan keinginan tersebut. Maka jika ingin mencapai kesuksesan harus sehat, dengan cara memakan makanan yang bergizi. Juga menjauhi perbuatan yang sia-sia agar kita terarah pada satu tujuan yaitu impian kita sendiri.

Ikhtiar adalah memilih cara yang baik. Kita memilih cara yang diperbolehkan oleh Allah dan menjauhi cara yang dilarang Sang Pencipta. Ini dilakukan agar apa yang kita hasilkan membawa berkah kepada kita sendiri. Selain itu agar terhindar dari perbuatan setan yang menjerumuskan kita kepada neraka yang menyala-nyala.

Tawakkal adalah menyerahkan diri kepada Allah. Menyerahkan segenap usaha kita untuk diserahkan kepada Allah. Tentunya ini dilakukan setelah kita berusaha dengan maksimal melalui cara-cara yang diridai Allah dan Rasul-Nya.

Demikian teman-teman artikel yang bisa saya tuliskan. Semoga kita termasuk orang yang semangat berdoa, berusaha, berikhtiar, dan bertawakal. Salam DUIT!

 

Penulis : Asyrul Aziz Jupardillah, XII MA

 

Artikel : www.ibnutaimiyah.com

Ikuti update artikel di Fans Page Info Terkini Pesantren Yatim Ibnu Taimiyah
Twitter PYIT_BOGOR, instagram ibnu_taimiyah_bogor,

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *