BerandaLogin
Slidorion, A jQuery Plugin


STRUKTUR ORGANISASI PESANTREN YATIM IBNU TAIMIYAH

Telah Dibuka Pendaftaran

Pesantren Tahfizh Al Quran Al Mahir

Tentang Kami


بسم الله الرحمن الرحيم

Pesantren Ibnu Taimiyah (PIT) merupakan sebuah lembaga pendidikan Islam berdasarkan Al-Qur’an dan As-Sunnah sesuai dengan Manhaj Salafus Shalih. Saat ini PIT memberikan pendidikan melalui program beasiswa tingkat MTs dan MA bagi anak-anak yatim. Mereka, anak-anak yatim memiliki hak mengenyam pendidikan dasar dan menengah layaknya anak-anak yang masih berada di pangkuan orang tua. Kami hadir sebagai mitra Anda menjadi kafilin (penjamin), mutabari’in (orang tua asuh), dan perantara berbagi kasih sayang dengan yatim dan dhua’afa. Semoga aktivitas ini menjadikan Anda dan kami orang yang paling dekat dengan Nabi Yang Mulia Muhammad Shalallahu ‘alaihi wa Sallam di Surga Allah Ta’ala kelak. ...Rasulullah bersabda,

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: أَنَا وَ عَنْ أَبِي . كَافِلُ الْيَتِيمِ فِي الْجَنَّةِ هَكَذَا وَأَشَارَ بِالسَّبَّابَةِ وَالْوُسْطَى وَأَشَارَ بَيْنَهُمَا - رواه مسلم



Artinya: ”Aku dan orang-orang yang memelihara anak yatim di surga seperti ini. Beliau menunjukkan telunjuk jari tengah serta beliau merenggangkan antara keduanya” (HR Muslim). Subhanallah, demikian dekatnya kedudukan penjamin yatim dengan Nabi shallahu ’alaihi wasallam di surga. Ya Allah, jadikanlah kami di antara mereka. Kami berusaha menjadi mitra Anda mendapatkan kedudukan mulia tersebut dengan cara menjadi orang tua asuh di PIT. Saran, masukan, dan kontribusi dari semua pihak adalah hal teramat berharga yang kami nantikan dalam upaya kami melakukan yang terbaik. Mari peduli, mari berbagi! Wa akhiru da’wana anilhamdulillahi rabbil a’alamin.

P S B ONLINE DITUTUP


(Silahkan klik untuk melihat /mengunduh brosur)

Lokasi

Galeri

1 / 10
2 / 10
3 / 10
4 / 10
5 / 10
6 / 10
7 / 10
8 / 10
9 / 10
10 / 10

Hubungi Kami

Facebook Tweeter You Tube Instagram

www.ibnutaimiyah.com

0857 7001 3847 (WA)

MTs Pesantren Ibnu Taimiyah

0251 8388 917 (WA)

MA Pesantren Ibnu Taimiyah

0251 8388 918


H R M

BERITA UTAMA

Pembagian Sembako Kedubes Kuwait

Rabu, 21 April 2021/9 Ramadan 1442, bertempat di Auditorium Syaikh Jamal Yusuf Al Hadddad Pesantren Ibnu Taimiyah (PIT) dilaksanakan pembagian paket Sembako. Bantuan sosial berupa beras, minyak goreng, terigu, telur, sarden, sirop, dan kebutuhan rumah tanggal lainnya tersebut merupakan kerja sama lembaga swadaya masyarakat (LSMl/NGO Kuwait bekerja sama dengan Kedubes Kuwait di Indonesia. Disediakan tidak kurang dari 382 paket sembako dengan prioritas pembagian warga sekitar pesantren, para duafa, dan jompo di Kp. Pasir Tengah, Desa Sukaharja....

Pembagian sembako dilaksanakan di dua tempat yaitu Auditorium Syaikh Jamal Yusuf Al Haddad dan halaman gedung MTs Ibnu Taimiyah. Penyerahan paket sembako secara simbolis dilaksanakan oleh Deputi Kegiatan Kedubes Kuwait di Indonesia, Syaikh Abdul Wahhab Al Sinan yang merupakan utusan dari Dubes Kuwait untuk Indonesia, Syaikh Abdul Wahhad Al Sager. Selain Syaikh Abdul Wahhab Al Sinan, hadir pula Ketua Yayasan Lajnah Khairiyah Musytaraka, Ust. Ahhmad Zawawi bin Nawawi, Staf Ahli Bupati Bogor Bidang Keuangan dan Pembangunan, Danramil Cigombong-Cijeruk, Kapolsek Cigombong-Cijeruk, Kepala Desa Sukaharja, Babinsa, Babinmas, RW dan RT, serta tokoh masyarakat.

Selain tamu dari kabupaten dan kecamatan tersebut, hadir beberapa mudir pesantren lain di bawah naungan Yayasan Lajnah Khairiyah Musytarakah yaitu Mudir Ám Al Matuq, Dr. Ade Hermansyah, Lc., M.Pd.I., Mudir Ma’had Aisyah Binti Abu Bakar Bogor, Dr. Edi Suwanto, Lc., M.Pd., serta tuan rumah sekaligus Ketua Panitia acara, Dr. Haryanto Abdul Hadi, Lc., M.A.

Kapolsek Cigombong-Cijeruk, Kompol Nurahim S.H. sangat mengapresiasi acara ini. Beliau juga melihat pelaksanaann acara sudah sesuai dengan Prosedur Kesehatan COVID 19. “Semoga acara baksos ini terus berlanjut dan dirasakan oleh warga masyarakat Desa Sukaharja Kec. Cijeruk dan bisa menular kepada yang lain (daerah lain). Kita juga berterima kasih kepada pihak Kuwait akan kepeduliannya dalam memberikan bantuan,” ujar beliau. Salah satu penerima bantuan, Ibu Titin sangat senang mendapatkan bantuan ini karena sangat membantu kondisi perekonomian keluarga. Beliau yang alhamdulillah, menurut pengakuannya sudah mendapatkan bantuan sebanyak tiga kali ini berharap proogram ini terus berlanjut.

Acara bagi-bagi sembako yang dimulai pukul 16.00 WIB hingga menjelang magrib ini berlangsung dengan lancar. Antusiasme warga yang hadir memberikan kehangatan suasana silaturahim PIT dengan warga sekitar. Semoga para penyumbang program ini mendapatkan kemudahan dan keberkahan rezeki sehingga dapat melaksanakan kembali program ini pada tahun berikutnya. (FRR)



Peresmian Baitul Khair Warga Sekitar PIT

Rabu, 21 April 2021/9 Ramadan 1442, dilaksanakan peresmian program bantuan rumah bagi warga duafa di Desa Sukaharja. Program bernama Baitul Khair diberikan lembaga swadaya masyarakat (LSM)/NGO Kuwait sejumlah delapan unit rumah. Adapun jumlah bantuan rumah Baitul Khair keseluruhan di Indonesia berjumlah dua puluh tiga unit. Program Baitul Khair ini disalurkan melalui Yayasan Lajnah Khairiyah Musytarakah Jakarta....

Peresmian dan penyerahan bantuan rumah secara simbolis diberikan oleh Deputi Kegiatan Kedubes Kuwait di Jakarta, Syaikh Abdul Wahhab Al Sinan didampingi Ketua Yayasan Lajnah Khairiyah Musytarakah Jakarta, Ustaz Ahmad Zawawi bin Nawawi. Dalam acara yang dilaksanakan di Auditorium Syaikh Jamal Yusuf Al Haddad tersebut diserahkan foto rumah kepada delapan warga yang mendapatkan bantuan pembangunan rumah Baitul Khair.

Dalam acara peresmian bantuan rumah tesebut hadir pula Staf Ahli Bupati Bogor Bidang keuangan dan Pembangunan, Bapak Sony Abdul Syukur. Tidak ketinggalan hadir Danramil Cigombong Cijeruk, Kapolsek Cigombong Cijeruk, Kades Sukaharja, Babinsa, dan Babinmas Desa Sukaharja. Tidak hanya itu, hadir Mudir Ám Al Matuq, Ustaz Dr. Ade Hermansyah, Lc., M.Pd.I., Mudir Ma’had Aisyah Binti Abu Bakar Bogor, Ustaz Dr. Edi Suwanto, Lc., M.Pd., serta tuan rumah sekaligus Ketua Panitia acara Ustaz Dr. Haryanto Abdul Hadi, Lc., M.A.

Ketua Yayasan Lajnah Khairiyah, Ustadz Ahmad Zawawi sempat memberikan informasi terutama kepada Bapak Sony sebagai utusan Bupati Bogor bahwa bantuan dari Kuwait saat ini juga dialokasikan untuk pembuatan sumur bor dengan lokasi dekat Ma’had Aisyah Binti Abu Bakar. Bantuan ini disalurkan dengan melihat kebutuhan warga sekitar terhadap air cukup tinggi.

Acara yang dimulai pada pukul 16.00 WIB ini alhamdulillah berjalan lancar hingga penutupan menjelang magrib. Antusiasme warga yang hadir memberikan kehangatan suasana silaturahim PIT dengan warga sekitar. Juga tidak lupa kami berterima kasih atas dukungan dari para pejabat yang hadir dalam menyukseskan acara ini. (FRR)



Medali Perak 2021 MA Ibnu Taimiyah

Segala puji bagi Allah. Berkat pertolongan-Nya, Maulana Rafi Albani, Siswa Kelas XB MA Ibnu Taimiyah, Pesantren Ibnu Taimiyah (PIT) Bogor berhasil meraih juara kedua dalam Lomba Khitobah Online 2021 yang diselenggarakan Al Wafi Islamic Boarding School dalam Ajang Festival Ramadan Al Wafi 1442. Albani, demikian santri ini biasa disapa, berhasil melaju ke babak final dalam cabang lomba khitobah bahasa Arab. Setelah mengikuti babak final lomba pada hari ini, Sabtu, 17 April 2021 yang dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom, alhamdulillah, santri kelahiran Tangerang ini dinobatkan oleh dewan juri sebagai juara kedua....

Kepala Seksi Bahasa, PIT Bogor, Ust. Cholid Abdurrahman menyambut gembira perolehan ini. Selain meraih juara sebenarnya target utama keikutsertaan para santri dalam lomba ini adalah mengasah kemampuan santri itu sendiri secara bertahap. “Target utama adalah melatih percaya diri santri untuk tampil di depan di depan orang lain dan melatih kemampuan public speaking santri,” ungkap pengajar MA Ibnu Taimyah yang biasa dipanggil Abu Arwaa ini.

Semoga keikutsertaan dan prestasi santri PIT Bogor dalam berbagai ajang lomba bisa meningkat lagi. Selamat dan sukses untuk MA Ibnu Taimiyah dan Maulana Rafi Albani! (TTM)



Kajian Kitab “Majalis Ramadaniyah”

Bogor, 5 Ramadan 1442. Alhamdulillahirabbil alamin, Bidang Khidmah Pesantren Ibnu Taimiyah (PIT) menyelenggarakan kajian kitab Majalis Ramadaniyah selama pelaksanaan buka puasa bersama di pondok pesantren yang tidak jauh dari Gunung Salak Bogor ini. Kepala Bidang Khidmah, Ust. Ali Usman, Lc., program ini bertujuan melatih Khidmah baik di banin maupun di banat terbiasa mengisi kajian. Materi kajian sengaja diambil dari sebuah kitab kecil (kutaib) berjudul Majalis Ramadaniyah yang ditulis oleh Syaikh dari Kuwait....

Program kajian menjelang Bukber ini diisi oleh para santri Khidmah baik Banin maupun Banat. Kegiatan dijadwalkan selama 20 hari, setiap hari ada dua orang pengisi kajian dengan durasi maksimal 15 menit. Sebagai bentuk apresiasi, para pemateri dari khidmah diberi hadiah berupa uang senilai Rp50.000,00. Kajian ini bisa dijadikan sebagai bentuk kompetisi di antara khidmah. Pada akhir kajian ini akan ada pemilihan pemateri/pengisi kajian terbaik dari masing-masing kelompok.

Salah satu pengisi kajian, Fauzan Tamimi, Khidmah Banin Angkatan XV mengatakan bahwa program ini sangat membantu santri yang sudah lulus untuk bisa berdakwah di masyarakat. Akh Fauzan berharap program ini bisa rutin, bukan hanya pada bulan Ramadan akan tetapi pada acara lainnya agar Khidmah dapat diberikan kesempatan mengisi sebuah kajian.

Acara ini berlangsung di Aula masjid Jami Ibnu Taimiyah pada pukul 17.00 sd. 17.30 WIB menjelang Bukber. Bagi keluarga besar PIT yang mempunyai waktu luang dipersilakan menghadiri acara tersebut untuk mendapatkan ilmu tambahan di bulan Ramadan. Semoga para Khidmah ini baik di banin maupun banat dapat menjadi penerus kader-kader dakwah sunnah di masyarakat. (FFR)



Wakaf Paket Mushaf Al-Qur’an dan Kitab Zikir Pagi Petang

Alhamdulillah, Pesantren Ibnu Taimiyah (PIT) Bogor, Sabtu, 17 April 2021/5 Ramadhan 1442 menerima wakaf berupa paket mushaf Al-Qur’an dan kitab kecil (kutaib) Fikih Zikir Pagi Petang yang ditulis oleh Ust. Dr. Firanda Andirja, M.A. sebanyak 20 buah dari Penerbit Al Islam, Tebet Jakarta Selatan. Paket langsung diterima oleh perwakilan PIT, Ustaz Tata Tambi selaku Kabid Kesekretariatan....

Wakaf paket ini akan digunakan untuk kepentingan Pesantren Ibnu Taimiyah. Kami doakan kepada muhsinin semoga wakaf ini dibalas kebaikan berlipat ganda oleh Allah Azza Wajalla. “Semoga Allah Taala memberikan balasan pahala yang berlipat ganda pada apa yang telah Bapak infakkan dan memberikan keberkahan bagi Bapak pada harta yang masih tersimpan.” (FFR)



Santri Khidmah PIT Meraih Juara Ke-2 MTQ Nasional XXVIII Sumbar

Segala puji bagi Allah, dengan nikmat-Nya segala amal saleh jadi sempurna. Muhammad Mufid Al Izza, santri Pesantren Ibnu Taimiyah (PIT) yang saat ini sedang melaksanakan masa pengabdian (berkhidmah) berhasil meraih Juara Ke-2 MTQ Nasional XXVIII Tahun 2020 di Sumatera Barat golongan 20 juz. Mufid, demikian santri asal Aceh ini biasa dipanggil, merasakan kebahagiaan tersendiri dengan pencapaian ini.“Alhamdulillah, dengan izin Allah saya bisa menjadi peserta terbaik II cabang hafalan Al-Qur’an 20 Juz Putra. Saya memandang MTQ ini salah satu sarana mengukur dan memperbaiki kualitas hafalan dan bacaan Al-Qur’an. Semoga kita bisa menjadikan hafalan dan bacaan Al-Qur’an ini menjadi yang terbaik di sisi Allah Subhanahu Wa Taala,” ungkap santri penyuka masakan rendang ini. ...

Dewan Hakim MTQ Nasional XXVIII golongan 20 juz sepakat memberikan nilai 99,66 kepada Mufid. Atas prestasi ini Mufid berhak mendapatkan penghargaan berupa medali/piala, sertifikat, dan sejumlah uang penghargaan/pembinaan. Barakallah fiik Akh Mufid, semoga tahun depan bisa kembali mengikuti MTQ Nasional dan mendapatkan prestasi lebih baik lagi. (TTM)



Satu Lagi, Alumni PIT Diterima di UIM

Segala sesuatu memerlukan waktu dan kesabaran. Ungkapan ini tepat dirasakan oleh Al Akh Farhan Muhammad Fadhlillah, alumni Pesantren Ibnu Taimiyah (PIT) Bogor Angkatan XI. Lulusan MA Ibnu Taimiyah yang sudah hafal 30 juz Al-Qur’an ini harus menanti sekitar tiga tahun sebelum akhirnya dinyatakan diterima di Universitas Islam Madinah (UIM). ...“Alhamdulillah, ana daftar dari tahun 2017, murosyyah tahun 2018, dan makbul tahun 2020 ni, alhmadulillah,” ungkap Akh Farhan melalui salah satu media sosial kepada redaksi.

Mudir Pesantren Ibnu Taimiyah, Ust. Haryanto Abdul Hadi tidak kalah sumringah mengetahui ada lagi alumni PIT yang dinyatakan diterima di UIM. Lalu, pengasuh pondok IT yang biasa dipanggil Abu Fuad ini memberikan beberapa poin terkait kuliah di UIM. “Pertama, setiap santri harus meningkatkan hafalan Al-Qur’an, hafalan mutun, dan kemahiran Bahasa Arab. Diusahakan tiga kemampuan ini memiliki bukti tertulis berupa sertifikat yang bisa dilampirkan. Kedua, jangan terlambat melengkapi berbagai persyaratan pendaftaran daring di UIM yang harus diterjemahkan oleh penerjemah tersumpah. Ketiga, Jika sudah diterima di UIM, bersungguh-sungguhlah menuntut ilmu di Kota Nabawi agar bisa cepat pulang dan menyebarkan dakwah sunnah yang penuh berkah ini di Indonesia.”


Mengutip data dari Seksi Alumni, Bidang Program Khidmah PIT, sampai tahun 2020 ini sudah tercatat 20 alumni yang diterima di UIM. Dari dua puluh mahasiswa tersebut tujuh mahasiswa sudah menyelesaikan perkuliahan dan kembali ke Indonesia. Tercatat pula dua mahasiswa melanjutkan pendidikan pada jenjang magister di UIM. Segala puji bagi Allah yang dengan nikmat-Nya segala amal saleh jadi sempurna. Bravo Pesantren Ibnu Taimiyah! [TTM]